3 Elemen Dasar Penting Terbentuknya Website

3 dasar terbentuknya website

Ada 3 elemen dasar untuk terciptanya sebuah website agar bisa digunakan. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya:

  1. Hosting
    Tempat penyimpanan online untuk menampung semua data-data situs kita yang bisa diakses oleh seluruh pengguna internet
  2. Domain
    Alamat web untuk membantu pengguna internet mengingat sebuah alamat website untuk dikunjungi dibanding harus mengakses dengan ip address. Contoh ip address 173.194.69.94 adalah alamat web www.google.com yaitu situs search engine. Adapun beberapa pengertian atau istilah terkait soal domain, diantaranya:

    • Subdomain
      sub alamat dari situs, biasanya untuk pembagian area website. Misalnya, situs mercubuana.ac.id, memiliki area blog mahasiswa yang bisa kita akses melalui blog.mercubuana.ac.id untuk akses ke area blogging mahasiswa.
    • Addons domain
      Alamat situs baru yang ditambahkan atau numpang hosting pada domain utama. Dengan kata lain berbagi hosting dengan domain baru.
    • Park domain
      Atau bisa juga disebut alias domain adalah domain yang di parkirkan atau merujuk ke domain utama. Sehingg ketika kita mengakses parked domain tersebut maka akan menampilkan konten yang sama seperti domain utama.
  3. Konten
    Konten adalah bagian inti dari penyajian website. Konten dapat berupa informasi, berita, tulisan, media, visual, dan lain-lain. Inti dari penyajian konten diantarnya diantaranya yaitu CMS, Template dan Database.

    • Database
      Data atau informasi yang tersimpan untuk disajikan didalam konten website. Database bisa berupa tulisan ataupun media.
    • Template
      Format penyeragaman tampilan web yang digunakan sebagai titik awal sehingga tidak perlu membuat kembali untuk konten baru. Template juga meliputi bagaimana pengalaman UI (user interface) & UX (user experince) yang baik.
    • CMS
      Content Management System adalah aplikasi yang digunakan untuk mengelola konten mulai dari input, pembaharuan, hingga publish. CMS juga sebagai tool penghubung antara template dengan database.

 

Semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *