5 Jenis Hoist Crane & Fungsinya yang Belum Diketahui

5 jenis hoist crane

Hoist crane mungkin masih terdengar asing bagi beberapa orang, padahal alat yang satu ini sudah seringkali kita lihat ketika mengamati proyek pembangunan sebuah gedung atau jalan. Ya, hoist crane diartikan sebagai alat berat yang membantu manusia untuk mengangkut atau memindahkan barang yang berat atau berukuran besar dari satu tempat ke tempat yang lain. Nah, sampai disini Anda pasti sudah punya gambaran tentang hoist crane bukan?

Ternyata hoist crane yang tersedia di pasaran tidak terdiri dari satu macam saja lho! Ada juga jenis hoist crane yang lain dan difungsikan secara berbeda bergantung pada jenis barang yang akan diangkut. Apa saja jenis hoist crane dan seperti apa fungsinya masing-masing? Yuk simak penjelasannya disini!

  1. Overhead Crane Single Girder

Jenis hoist crane ini bisa bergerak hingga enam arah (atas, bawah, kiri, kanan, maju, mundur). Crane hanya menggunakan satu kaki dan rail saja. Konstruksinya, terdiri dari tiang couloumn, girder, serta end carriage.

  1. Overhead Crane Double Girder

Fungsi dan kegunaannya sama dengan crane single girder, hanya saja crane double girder ini mempunyai dua girder dan dua rail untuk digunakan.

  1. Semi Gantry Crane

Semi Gantry Crane adalah jenis hoist crane yang memiliki satu kaki guna menopang tiang girder. Tiang disebut dengan gantry yang dapat bergerak maju dan mundur.

  1. Gantry Crane

Gantry Crane memiliki 2 kaki, berbeda dengan semi gantry yang hanya memakai satu kaki saja. Crane jenis ini membutuhkan tingkat kewaspadaan lebih karena pada bagian rel crane dilengkapi dengan aliran listrik.

  1. Suspension Crane

Suspension crane merupakan crane dengan bentuk girder digantung pada beam. Crane ini bisa bergerak maju dan mundur saja.

  1. Jib Crane

Jib Crane adalah jenis hoist crane dengan bentuk konstruksi mirip huruf  L terbalik. Jenis Crane ini memiliki 1 tiang dan 1 girder serta bisa bergerak empat arah (kanan, kiri, atas, bawah). Anda bisa menyewa jib crane untuk renovasi bangunan, gedung atau konstruksi.

Itulah beberapa jenis crane beserta fungsinya yang mungkin belum banyak orang-orang tahu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *