9 Cara Ampuh Memasarkan Apartemen dengan Cepat dan Mudah

Memasarkan apartemen dengan mudah

Popularitas apartemen sebagai hunian favorit terus menanjak, bersaing ketat dengan rumah tapak. Selain faktor penghematan lahan dan semakin mahalnya rumah tapak, apartemen juga biasanya sudah menyediakan fasilitas yang lengkap dan keamanan lebih terjamin dengan lokasi yang strategis. Tentu saja kemudahan tersebut menjadi daya tarik yang membuatnya semakin digandrungi. Tak heran generasi milenial lebih menyukai tinggal di apartemen dengan alasan kepraktisan.

Ada yang memilih apartemen untuk tempat tinggal dengan segala kepraktisannya, ada juga yang melihat apartemen sebagai produk investasi yang menjanjikan. Dengan semakin naiknya harga properti dari tahun ke tahun, tentu memiliki apartemen menjadi investasi yang bisa dibilang pasti memberikan keuntungan. Bagi pemilik apartemen yang menjadikan unit miliknya sebagai investasi, apartemen bisa disewakan untuk pemasukan pasif tetap atau dijual kembali saat harganya sudah melonjak naik.

Bagaimana cara yang baik untuk memasarkan apartemen agar segera laku? Simak 9 tips memasarkan apartemen di bawah ini.

Keunggulan apartemen

Apa keunggulan apartemen yang ingin Anda pasarkan? Gunakan keunggulan tersebut untuk memancing calon pembeli atau penyewa. Memasang iklan dengan kalimat “Jual Apartemen Puri Park View! Lokasi strategis dekat dengan jalan tol, RS Siloam, Mall Puri Indah, Lippo Mall Puri, dan sekolah. Hanya 30 menit ke Bandara Soekarno Hatta” tentu akan terlihat lebih menarik dibandingkan “Jual Apartemen Puri Park View”. Lokasi strategis dan dekat ke berbagai tempat”. Beberapa keunggulan lain seperti serviced apartement, kolam renang berukuran luas, view yang bagus, ruangan lebih luas, shuttle bus, dan fasilitas lainnya juga wajib disebutkan agar terlihat semakin menarik.

Begitu juga jika kompleks apartemenmu dibangun oleh developer yang namanya sudah terkenal seperti Agung Podomoro atau Agung Sedayu. Menyorot nama developer terkenal cukup membantu karena lebih meyakinkan konsumen dari segi kualitas unit dan fasilitas dalam kompleks apartemen.

Lingkungan apartemen

Lokasi apartemen strategis, fasilitas sudah lengkap, namun lingkungan sekitar apartemen rawan kriminalitas? Hal itu akan berdampak jelek pada harga unit. Tentu kebanyakan orang akan was-was untuk tinggal di lingkungan rawan kriminalitas. Dalam kasus seperti ini, Anda bisa menyorot adanya keamanan 24 jam di apartemen sehingga keamanan terjamin dan asuransi di parkiran dalam kompleks apartemen apabila terjadi kerusakan atau kehilangan pada kendaraan yang diparkir. Apartemen yang terletak di lingkungan rawan biasanya memiliki harga yang lebih murah dibandingkan apartemen di lingkungan yang relatif aman. Hal itu disebabkan pemilik apartemen terpaksa banting harga agar ada yang tetap berminat untuk membeli atau menyewa unitnya. Memang agak sulit untuk memasarkan apartemen di lingkungan rawan, namun bukan berarti tidak ada yang berminat.

Harga

Setelah lokasi dan fasilitas, tentu harga menjadi pertimbangan utama bagi calon pembeli dan penyewa. Harga untuk apartemen full furnished tentu berbeda dengan unit semi furnished atau kosongan. Ketahui berapa harga pasaran untuk unit apartemen yang Anda tawarkan dan jadikan sebagai patokan. Jangan memasang harga terlalu rendah atau terlalu tinggi dari harga pasaran tersebut. Harga yang terlalu tinggi jelas akan membuat calon pembeli dan penyewa mundur teratur. Memasang harga terlalu rendah juga tidak akan membuat unit apartemen Anda menjadi rebutan, justru calon pembeli dan penyewa akan curiga ada kerusakan di unit atau pernah menjadi TKP kasus kriminal.

Ketahui siapa calon kosumen Anda

Siapa yang menjadi target untuk pemasaran apartemen Anda? Apakah mahasiswa, pekerja muda single, pasangan baru menikah, atau keluarga kecil? Cara untuk membuat mereka tertarik dengan apartemen Anda tentu berbeda-beda. Jika menargetkan mahasiswa, maka Anda bisa menawarkan WiFi gratis atau parkir motor gratis karena mahasiswa tentu senang hal berbau gratis. Bagaimana dengan keluarga muda? Biasanya mereka akan mencari tempat tinggal yang ramah anak dan dekat dengan sekolah. Apartemen Anda terletak dekat dengan sekolah terkenal dan menyediakan taman bermain anak? Tuliskan itu dalam iklan apartemen Anda sebagai poin plus.

Agen properti

Sibuk dan tidak punya waktu untuk memasarkan sendiri? Coba gunakan jasa agen properti. Para agen properti akan memasarkan dan menemani calon konsumen yang ingin datang melihat-lihat unit apartemen. Dengan menggunakan jasa mereka, Anda tinggal menunggu kabar kapan unit Anda laku. Namun, pertimbangkan juga bahwa ada biaya komisi yang harus Anda bayarkan jika unit apartemen laku menggunakan jasa mereka. Jasa agent properti biasanya berkisar di 3-5% harga unit. Cukup menguras kantong namun juga membantu sekali bagi yang tak ingin repot memasarkan sendiri.

Iklan internet

Memasarkan sendiri tanpa bantuan agen properti? Memang Anda bisa hemat biaya komisi agen, namun Anda juga akan lebih repot. Memasang iklan di internet adalah cara termudah dan gratis. Manfaatkan media sosial, forum, group chat messenger, atau website jual beli properti. Berikan informasi yang lengkap seperti alamat, isi dalam unit, lantai, pemandangan, dan fasilitas umum. Jangan lupa untuk menyertakan foto-foto kondisi unit yang memadai. Informasi yang lengkap dan jelas akan lebih membantu dibandingkan informasi yang hanya seadanya saja. Selain itu, informasi yang lengkap membuat Anda tidak perlu repot menjawab pertanyaan masuk karena calon pembeli dan penyewa cukup membaca info yang sudah Anda berikan saja dan hanya menghubungi jika berminat.

Ramah dan fast respond

Posisikan diri Anda sebagai konsumen. Tentu Anda akan senang jika dilayani dengan ramah dan fast respond. Berikan keramahan dan fast respond yang sama saat ada chat atau telepon masuk dari calon konsumen yang tertarik dengan unit yang Anda tawarkan. Luangkan waktu Anda untuk menemani calon pembeli atau penyewa yang ingin datang berkunjung melihat-lihat unit. Jika sudah deal, Anda juga bisa menawarkan bantuan lain seperti membuat surat masuk barang, daftar parkir bulanan, atau administrasi lainnya.

Siapkan dan rapikan unit

Sudah ada yang berminat dengan apartemen Anda dan ingin datang melihat unit? Rapikan dulu unit Anda agar terlihat menarik, cat ulang tembok dan hiasi dengan wallpaper atau wall sticker jika perlu. Bagaimana dengan AC, water heater, dan peralatan lainnya? Cek dan segera perbaiki apabila ada kerusakan. Pastikan apartemen dalam kondisi terbaik saat ada yang datang berkunjung. Yang terpenting, bersihkan kamar mandi Anda karena banyak orang memutuskan tingkat kenyamanan mereka di suatu tempat berdasarkan tingkat kebersihan kamar mandi. Unit apartemen yang terlihat keren dan Instagrammable namun memiliki kamar mandi yang kotor tentu akan membuat calon konsumen kehilangan minat.

Perjanjian tertulis

Unit apartemen sudah laku? Untuk penjualan apartemen, sudah tentu akan ada surat penjualan yang sah secara hukum. Namun, tahukah Anda bahwa sebaiknya sewa-menyewa apartemen juga menggunakan perjanjian tertulis? Dalam perjanjian, bisa dibahas mengenai harga sewa, masa sewa apartemen, tanggal pembayaran, ataupun denda jika terjadi kerusakan. Adanya perjanjian tertulis akan membantu apabila ada masalah di kemudian hari, seperti misalnya penyewa apartemen yang melakukan tindak kriminal di dalam unit.

One Response to “9 Cara Ampuh Memasarkan Apartemen dengan Cepat dan Mudah”

  1. 7 Tempat Hangout dan Nongkrong Asyik di Pondok Indah | DKR 1992

    […] Apartemen di Pondok Indah seperti The Bellevue Suites Apartmen dan Hamptons Park Apartment  hadir dengan beragam pilihan tipe unit dan beragam fasilitas eksklusif seperti sistem keamanan 24 jam, kolam renang, pusat kebugaran, kids playground, dan banyak lagi. Ada banyak pilihan tipe unit yang tersedia yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan penyewa. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *