Analisa Usaha Konveksi Rumahan Yang Menguntungkan dan Minim Resiko

Analisa Usaha Konveksi Rumahan

Untuk pertama kalinya Anda memutuskan terjun dalam dunia usaha, sudah pasti banyak kendala yang akan ditemui, mulai dari ketersediaan bahan, modal hingga pemasaran. Namun demikian, dengan sedikit kemampuan wirausaha yang Anda miliki, semua permasalahan tersebut akan bisa segera teratasi jika dilakukan dengan analisa & antisipasi.

Sebut saja bisnis konveksi rumahan yang notabene diklaim sebagai usaha yang tidak pernah punah, sebab setiap orang selalu membutuhkan pakaian sebagai salah satu bahan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Di lain sisi, permintaan pakaian oleh suatu kelompok sering kali berdatangan yang kemudian membuat usaha konveksi ini kebanjiran orderan. Terdengar sangat menarik bukan, untuk dicoba?

Sebagai starting pointnya, tentunya Anda harus memiliki skill terlebih dahulu tentang bagaimana cara mendesain baju yang diminati oleh pasar. Selain itu, ketersediaan peralatan dan bahan baku juga wajib untuk dimiliki sebelum memulai beraksi dengan mesin jahit Anda. Untuk permulaan, tidak perlu bermuluk-muluk dengan bahan yang banyak, namun cobalah untuk fokus pada kualitas dari pakaian yang Anda hasilkan, sehingga akan menarik minat masyarakat.

Dikatakan bahwa bisnis konveksi ini sebagai bisnis yang minim resiko adalah suatu kebenaran yang nyata. Pasalnya, dengan perencanaan usaha yang tidak terlalu besar, Anda akan bisa mendapatkan keuntungan dalam jumlah yang besar, meski tidak sebesar keuntungan usaha garmen. Namun, di lain sisi, hal ini tidak akan membuat rugi ketika ternyata usaha yang dijalankan mengalami kerugian karena suatu sebab.

Dari sini, Andapun masih bisa bertahan untuk kembali bangkit lagi. Jikalau pahit-pahitnya Anda mengalami kerugian, hal ini dengan mudah bisa diminimalisir dengan mencoba menawarkan produk tersebut dengan harga yang lebih murah kemudian Anda bisa memulai kembali dengan belajar dari kesalahan yang ada, sehingga produk yang dihasilkanpun akan jauh lebih baik.

Untuk Anda yang berminat menjalankan usaha konveksi ini, cobalah untuk memulai dalam skala kecil saja, dimana modal yang anda keluarkan sebesar 30 juta untuk kebutuhan perkakas hingga bahan baku. Jangan lupa untuk melakukan promosi dengan memanfaatkan media sosial yang saat ini sedang marak digunakan oleh masyarakat. Dengan menomersatukan kualitas produk melalui pengerjaan yang detail, Anda nantinya akan bisa mengembangkan usaha konveksi skala rumahan ini menjadi lebih besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *