Cara Mudah Cari Sewa Apartemen di Jakarta

Memasarkan apartemen dengan mudah

Jakarta memiliki banyak gedung tinggi yang tumbuh berjamuran, mulai dari gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, hingga hunian vertikal. Gaya hidup masyarakat saat ini ditambah dengan keterbatasan lahan di Jakarta membuat hunian vertikal alias apartemen kian diminati dan developer melihat ini sebagai peluang emas untuk membangun semakin banyak bangunan apartemen.

Tinggal di apartemen menyajikan banyak keuntungan bagi para penghuninya. Mulai dari lokasi yang biasanya berada di tempat strategis, fasilitas yang lengkap dan memanjakan penghuninya, hingga kepraktisan dengan tinggal chat atau telepon untuk memesan makanan atau tabung gas dan pesanan akan diantarkan ke depan pintu.

Generasi milenial biasanya lebih memilih tinggal di apartemen dengan segala kepraktisannya. Namun masalah keuangan hanya jadi faktor kecil di banyak keputusan generasi milenial untuk menyewa apartemen. Banyak yang lebih memilih gaya hidup yang disediakan apartemen dibanding rumah tapak.

Beberapa kaum milenial masih duduk di bangku kuliah atau baru saja lulus. Mereka tidak tertarik membeli rumah, tapi mereka mencari apartemen yang menawarkan kenyamanan dan gaya hidup yang mereka cari. Bagaimana cara mendapatkan sewa apartemen murah dengan mudah di Jakarta? Ada beberapa kiat yang bisa digunakan di bawah ini.

 

Bertanya pada kenalan

Penyebaran informasi dari mulut ke mulut adalah cara termudah sejak zaman dulu. Kebanyakan pemilik unit yang malas menggunakan jasa agen biasanya hanya posting iklan sendiri di internet dan menyebarkan info ke kenalan atau keluarga bahwa ada unit apartemen yang disewakan. Cara ini cukup efektif, siapa tahu ada temanmu yang mengenal pemilik unit apartemen yang sedang menyewakan unitnya dan bisa menghubungkan Anda ke pemilik unit. Bahkan, mungkin saja kamu cukup beruntung untuk mendapatkan potongan harga sewa jika jago bernegosiasi.

Namun, cara ini memiliki kelemahan juga karena lingkupnya yang sempit. Jika kamu bertanya pada temanmu apakah ada info apartemen yang disewakan, belum tentu temanmu tahu atau ingat ada info tersebut. Kalaupun ada info sewa, apartemen yang disewakan juga mungkin tidak terletak di area yang kamu incar atau harga sewa yang sesuai dengan budget.

 

Mencari dari internet

Di era teknologi canggih seperti saat ini, mencari informasi di internet adalah cara paling praktis yang akan menghasilkan informasi tak terbatas. Kamu tinggal ketikkan saja “cari sewa apartemen” diikuti dengan keterangan area yang kamu inginkan. Maka Google akan membantumu mempersempit pencarian tersebut dengan hanya menampilkan informasi sewa di area incaran saja. Setelah itu, kamu cukup memilah-milah saja mana yang sekiranya cocok dengan selera dan anggaran sewa yang telah kamu siapkan.

Sayangnya, cara ini juga memiliki kelemahan karena kamu harus menghubungi satu persatu nomor kontak yang tersedia. Iklan sewa apartemen di internet biasanya tidak diperbaharui apabila sudah tersewa. Bisa saja kamu sudah menemukan iklan unit yang sekiranya pas, tapi ternyata sudah tersewa saat kamu mencoba untuk menghubungi pemiliknya. Selain itu, foto-foto yang ditampilkan juga biasanya hanya seadanya sehingga menyulitkan calon penyewa untuk memperkirakan luas ruangan.

 

Agen properti

Menggunakan jasa agen properti juga merupakan pilihan yang mudah dalam mencari sewa apartemen. Biasanya tiap manajemen apartemen menerima titipan unit yang akan disewakan dan para agen akan memasarkan unit tersebut. Sebagai calon penyewa, kamu mendapat keuntungan tidak perlu mengeluarkan uang biaya jasa karena komisi agen biasanya dibayarkan oleh pemilik unit setelah unit berhasil tersewa. Selain itu, agen juga biasanya memegang beberapa kunci unit sehingga kamu bisa langsung meninjau beberapa unit apartemen sekaligus dalam satu kunjungan.

Kelemahannya adalah agen biasanya hanya terpaku pada satu kompleks apartemen saja. Misalnya kamu sudah memutuskan bahwa area Tanjung Duren adalah yang paling pas untuk lokasi tempat tinggalmu dan mencari info apartemen yang berada di sana, maka kamu akan menemukan beberapa apartemen seperti Mediterania Garden Residences, Central Park Apartment, atau Westmark Apartment. Jika kamu memutuskan untuk meninjau ketiga apartemen tersebut, maka kamu harus menghubungi tiga agen karena satu agen hanya menangani satu kompleks apartemen saja. Cukup merepotkan karena belum tentu ketiga agen tersebut punya waktu di hari yang sama.

 

Jendela360

Website sewa apartemen ini merupakan gabungan dari cara di urutan kedua dan ketiga. Begitu kamu membuka halaman Jendela360.com, maka kamu tinggal mengetikkan area yang kamu inginkan dan situs akan menampilkan daftar apartemen di area tersebut. Terdapat 5000+ unit apartemen yang disewakan di Jakarta dan Tangerang sehingga kamu punya banyak alternatif pilihan. Jika kamu masih bingung untuk memilih, maka bisa menghubungi CS dan infokan area yang kamu inginkan beserta budgetnya. CS Jendela360 akan membantu mencarikan unit yang sesuai.

Selain itu, Jendela360 juga menyajikan foto unit yang diambil dengan profesional dan penggunaan teknologi kamera 360 yang memungkinkan calon penyewa melihat kondisi unit dengan lebih jelas dan perkiraan luas yang baik. Bukan hanya itu, account representative yang bekerja di Jendela360 juga bersifat fleksibel dalam memasarkan sewa apartemen. Dalam satu kali kunjungan, account representative siap menemani para calon penyewa untuk berkunjung ke beberapa kompleks apartemen berbeda yang masih berada dalam satu area.

Ada satu keunggulan yang sejauh ini baru dimiliki oleh Jendela360 saja, yaitu sistem pembayaran sewa secara bulanan. Selama ini, sewa apartemen biasanya dibayarkan secara tahunan sehingga dirasa agak memberatkan bagi sebagian orang. Di Jendela360, kamu bisa membayar sewa secara bulanan dengan menggunakan VISA. Setiap bulannya, harga sewa yang harus dibayarkan akan masuk ke dalam tagihan kartu kredit sehingga kamu bisa membayarnya bersama dengan tagihan lain.

Nah, dari tiga cara mencari sewa apartemen yang mudah di atas, mana yang sekiranya paling cocok untukmu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *