Kenali 3 Jenis Marketplace Berdasarkan Bentuk Produknya

Jenis marketplace

Era teknologi canggih saat ini semakin banyak melahirkan berbagai startup marketplace. Di Indonesia juga banyak berbagai macam marketplace yang ada. Tidak sedikit diantaranya yang tumbang, namun banyak juga yang masih terus scale up hingga saat ini. Kehadirannya adalah memberikan solusi bagi orang banyak. Jenis-jenis marketplace.

 

Apa itu Marketplace?

Marketplace adalah platform yang di develop sebagai media bertemunya penjual dan pembeli untuk bertransaksi. Transaksi yang terjadi karena pembeli memerlukan kebutuhan/masalah dan seller mempunyai solusi atas permasalahan tersebut baik berupa barang atau jasa tergantung dari niche marketplace tersebut.

Macam-macam marketplace

Dari segi bentuk produknya, marketplace saya bagi menjadi 3, yakni:

  1. Marketplace Produk Nyata yaitu Marketplace yang menerima segala produk berbentuk fisik. Penjual dapat mengupload barang yang dijualnya di situs ini untuk memenuhi permintaan konsumen. Marketplace ini biasanya memerlukan kerja sama dengan pihak logistik untuk mempermudah penjual mengirim produknya ke konsumen. Contoh marketplace ini diantaranya: Bhinneka.com, Ralali.com (produk bisnis), Blibli.com, Tokopedia.com, Bukalapak.com, dll.
  2. Marketplace Jasa yaitu media pasar yang menyediakan segala bentuk service / jasa untuk memenuhi kebutuhan atas masalah yang dihadapi oleh konsumen. Contohnya: ruangguru.com (belajar mengajar), freelancer.co.id (pekerja lepas waktu), seekmi.com (berbagai jasa), serbajasa.com (berbagai jasa), tukang.com (tukang bangunan), dll.
  3. Marketplace Virtual yakni situs yang menyediakan berbagai produk yang bisa dijual secara virtual. Beberapa contoh produk virtual yaitu tiket transportasi online (tiket kereta api, pesawat, ojek, dll), buku bacaan virtual (ebook, komik), tiket pertunjukan & bioskop, dll.

 

Anda tertaik ingin buat marketplace? Carilah ide bagaimana cara mengatasi permasalahan banyak orang, bagaimana membantu orang banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *