Tips Liburan Seru & Hemat

Ada perlunya kita meluangkan waktu untuk liburan agar pikiran kembali segar setelah melakukan rutinitas kesibukan kantor tiap hari. Liburan tidak harus mahal & jauh, yang paling penting adalah menikmati libur dengan nyaman & menyenangkan.

Tips & trik liburan seru & hemat

  1. Rencanakan waktu yang tepat
    Tentukan kapan Anda akan berlibur, rencanakan berapa hari Anda ingin menghabiskan waktu, berapa jam durasi perjalanan, kapan Anda bisa menggunakan cuti kerja? Pertimbangkan hal tersebut lalu catat di kalender Anda.
  2. Tentukan tujuan wisata
    Setelah Anda menentukan tanggal, tentukan destination liburan Anda. Apakah Anda punya impian untuk mengunjungi suatu tempat, misal Raja Ampat? Atau ada moment tertentu disuatu tempat wisata yang ingin Anda ikuti, misalnya perayaan hari idul qurban di Saudi Arabia.
  3. Dengan siapa liburan
    Apakah Anda ingin menghabiskan waktu liburan sendirian, bersama pasangan, keluarga atau bersama teman-teman? Biasanya, semakin banyak orang yang ikut, akan semakin sulit untuk direncanakan karena masing-masing kesibukan. Namun, liburan bersama-sama jauh lebih baik dibanding sendirian. Hal ini untuk menumbuhkan rasa ukhuwah.
  4. Estimasi budget
    Perhitungkan estimasi biaya yang harus Anda kumpulkan. Biaya tersebut meliputi akomodasi, penginapan, perjalanan, konsumsi, dll
  5. Gunakan transportasi seperlunya
    Jika Anda bisa liburan dengan kereta, gunakanlah kereta karena jauh lebih murah dibanding pesawat. Namun jika memang Anda diharuskan untuk menggunakan pesawat karena lokasi tujuannya jauh, ya silakan.
  6. Beli tiket pesawat online murah
    Jika Anda harus menggunakan pesawat, pintar-pintar berburu promo atau diskon tiket pesawat. Kunjungi beberapa situs penjualan tiket pesawat ternama. Coba cek masing-masing situs tersebut, biasanya mereka suka mengadakan promo tertentu. Semoga beruntung.Usahakan untuk membeli dari jauh-jauh hari jika sudah ada rencana. Ini akan lebih murah dibanding Anda membelinya dadakan. Biasanya 14 minggu sebelum keberangkatan Anda. Namun poin ini beresiko jika Anda merubah rencana tujuan atau cancel karena uang bisa hangus.Pilih maskapai yang murah diantara maskapai yang tersedia. Namun terkadang ada juga yang takut atau kurang percaya dengan maskapai yang relatif murah khawatir terjadi hal yang tidak diinginkan. Menurut saya, maskapai manapun bisa mengalami kecelakaan, namun doa bisa mengubah takdir yang akan terjadi. Penting berdoa sebelum berangkat
  7. Booking hotel murah
    Sama halnya dengan poin no.6, jika memang Anda hanya memerlukan homestay yang murah, jangan menggunakan hotel sebagai penginapan Anda. Namun jika dirasa perlu, silakan.Cari promo di situs-situs hotel terkemuka, pelajari tren promo yang mereka berikan untuk tour travelling, pilih jenis kamar sesuai kebutuhan Anda.

Sedikit tips diatas semoga bisa menginspirasi Anda, selamat berlibur bersama keluarga tercinta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *