Lima Tipe Aki di Pasaran

Banyaknya tipe aki mobil yang dijual, terkadang membuat bingung bagi beberapa pengguna. Terlebih bagi mereka yang memang tidak terbiasa mengurus mobil karena selalu diserahkan kepada pihak ketiga, seperti bengkel, atau bahkan supir pribadinya. Padahal, ada tipe aki yang tidak bisa digunakan di mobil tipe tertentu, ada aki yang bisa digunakan di segala mobil, ada juga tipe aki yang dapat digunakan di segala kondisi.

Salah satu contoh penggunaan tipe aki yang salah adalah ketika Gran Max Minibus, mobil yang biasa digunakan untuk keperluan antar jemput sekolah, menggunakan aki kalsium. Bukannya bagus, malah aki Gran Max tersebut berakibat fatal terhadap mesin karena efek listriknya terlalu besar.

Lalu, apa saja tipe aki yang diproduksi dan dijual di pasaran? Berikut adalah lima tipe aki tersebut.

  1. Aki Basah, tipe aki yang banyak digunakan dan dijual di pasaran. Gran Max Minibus tentunya lebih cocok menggunakan aki tipe ini daripada tipe yang lain.
  2. Aki Kering, aki yang tidak sepenuhnya kering, tetapi lebih kepada bebas perawatan atau maintenance free, sehingga memiliki harga yang lebih mahal dengan umur yang lebih panjang.
  3. Aki Kalsium, aki ini menggunakan material kalsium di dua kutubnya. Tingkat penguapan minim serta daya tahan baterai tinggi, membuat aki ini lebih mahal tentunya.
  4. Aki Hybrid, aki gabungan antara aki biasa atau basah dengan aki kalsium. Tipe aki ini jarang dijual dan ditemukan di pasaran umum, setidaknya harus import ke negara tetangga. Begitupula mobil yang menggunakan aki ini, masih jarang.
  5. Aki Gel, tidak seperti yang lain, aki ini menggunakan gel, sehingga tidak memiliki kadar korosif, juga tidak akan tumpah. Akan tetapi, penggunaannya masih terbatas pada kendaraan tertentu saja, sehingga tidak dijual bebas.

Diatas adalah lima tipe aki yang sudah diproduksi. Pilihlah jenis aki yang tentunya cocok dengan kendaraan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *