Mengenal Lebih Deket dengan Inverter Daya

inverter ac to dc

Inverter daya yang dijalankan menggunakan baterai akan mengubah daya DC menjadi daya AC tradisional. Anda dapat menggunakan inverter untuk mencatu daya ke perangkat seperti televisi, microwave, komputer atau peralatan elektronik lainnya. Inverter dapat menyediakan daya di tempat di mana Anda tak bisa memiliki akses ke sumber daya AC 220 dari jaringan listrik yang umum di Indonesia.

 

Inverter Baterai

Misalnya Anda sedang berpergian ke luar negeri yang jaringan listriknya menggunakan tegangan 120 volt. Sementara perangkat elektronik yang Anda bawa membutuhkan tegangan 220 volt. Maka cukup hubungkan inverter ke baterai dan pasang perangkat elektronik Anda ke inverter. Ini merupakan solusi yang bagus untuk memiliki catu daya yang portabel dan mudah digunakan oleh siapa saja.

 

Inverter Mobil

Ada begitu banyak jenis inverter dan begitu banyak asal sumber daya berbeda yang akan dikonversi. Beberapa inverter 12 volt yang lebih kecil akan mengkonversi daya dari aki mobil melalui port pemantik api di dashboard mobil. Jenis inverter lain menggunakan sumber daya berupa baterai dengan ukuran dan jenis yang layak. Merupakan hal yang penting unuk membedakan dalam proses pembelian. Jika Anda menggunakan inverter kecil dengan baterai otomatif, maka hal ini dapat bekerja dengan memadai.

Kebanyakan teknologi yang diterapkan pada aki mobil dapat mengisi daya cukup untuk 30 sampai 60 menit sampai perlu diisi ulang. Anda dapat mengisi ulang aki mobil dengan cara menyalakan mesin, menggunakan genset gas atau memasangnya ke charger AC. Jika Anda menggunakan aki mobil, pastikan untuk menjalankan mesin sekitar 10 menit setiap jam untuk menjaga aki tetap terisi.

Masa Pakai Baterai

Kekuatan masa pakai baterai tergantung dari jenis perangkat yang dinyalakan. Jika perangkat Anda membutuhkan sumber daya yang stabil selama periode waktu yang lama, maka hal tersebut dapat menjadi beban yang berat pada baterai. Dengan demikian tak disarankan untuk menggunakan aki mobil atau truk pada kasus ini. Aki mobil bisa terkuras hingga tak menyimpan daya yang cukup untuk menyalakan mesin. Hal ini akan mencegah Anda untuk mengisi ulang muatan listrik pada aki mobil menggunakan generator kendaraan. Bila aki sering terkuras maka dapat membahayakan dan memperpendek masa pakai aki mobil tersebut.

Jika Anda ingin menyalakan beban yang berat melalui inverter yang lebih besar dari aki mobil atau aki truk, maka Anda hanya bisa melakukannya saat kendaraan menyala. Jika tidak, maka sebaiknya menggunakan baterai deep cycle sperti baterai Marine dan RV. Jika Anda menggunakan inverter 600 watt atau yang lebih besar, maka sebaiknya menggunakan baterai Marine karena baterai tersebut memiliki kemampuan untuk bertahan dari terkuras dan dapat diisi ulang berkali-kali.

Aturan penting untuk baterai adalah tak boleh terkuras lebih dari 50% kapasitasnya. Jika Anda melakukannya, maka masa pakai baterai tersebut akan berkurang. Jika Anda membutuhkan lebih banyak daya untuk jangka waktu yang lebih panjang, Anda dapat menghubungkan beberapa baterai bersama-sama secara paralel. Membuat bank baterai merupakan alternatif yang bagus dari membeli baterai yang lebih besar. Ingat, ketika membuat konfiguras baterai secara paralel, harus dilakukan dengan baterai 12 volt dengan jenis yang sama satu sama lain.

 

Potensi Bisnis Inverter DC to AC

Menggunakan inverter untuk membangkitkan daya dari baterai dapat menjadi sumber daya yang tak ternilai bagi mereka yang berada dalam kondisi jauh dari sumber daya AC tradisional. Bila ingin untung besar, Anda bisa juga jual inverter DC to AC di tempat yang jauh dari sumber daya AC ini atau bisa juga menjualnya kepada para traveler atau orang yang sering berpergian.

Sementara untuk mencari harga inverter murah agar bisa di jual kembali, Anda bisa melakukannya dengan berkunjung ke tempat yang menjual barang – barang dengan harga grosir atau ke distributor inverter yang bisa Anda cari secara online di google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *