Ini Tips Seru Mudik dengan Kereta Api Ekonomi, Murah & Asyik!

mudik seru kereta

Selain menggunakan pesawat, salah satu kendaraan publik yang jadi favorit para pemudik adalah kereta api. Namun, kalau boleh memilih, kebanyakan orang pada umumnya lebih suka untuk naik kereta bisnis atau eksekutif dibanding naik kereta ekonomi. Image semrawut dan kotor yang dulu pernah sangat melekat pada kereta api ekonomi rupanya belum sepenuhnya tersingkir dari benak masyarakat. Betul?

Namun, siapa yang tak akan senang, kereta api ekonomi zaman sekarang sudah berbeda jauh dari kereta api ekonomi zaman dulu. Sekarang, naik kereta ekonomi sudah menjadi alternatif cara mudik yang sangat mengasyikkan.

Kalau kamu adalah salah satu calon penumpang yang beruntung mendapatkan tiket kereta api ekonomi untuk mudik tahun ini atau baru mau siap-siap pesan tiket, kamu perlu menyimak tips mudik asyik dengan kereta api ekonomi di bawah ini.

Apa saja kira-kira?

  • Pesan Tiket Online Dulu, Baru Naik Kereta

Ini sebenarnya poin yang bisa dibilang sepele bagi sebagian orang. Namun siapa sangka, masih banyak lho teman-teman kita yang belum tahu kalau nggak mendesak banget, sebaiknya jangan beli tiket kereta langsung di stasiun.

Mungkin masih ada di antara kita yang berpikir, ya udahlah nanti aja belinya sekalian di stasiun pas berangkat mudik. Ups, itu bakal jadi keputusan yang kurang tepat karena kalau musim mudik, kamu pasti bakal kehabisan tiket kalau beli langsung di stasiun keberangkatan. Jangankan beli tiket langsung di stasiun, beli online aja kamu bisa terancam kehabisan tiket kalau nggak cepet-cepet. Apalagi kalau pas musim mudik lebaran, booking-nya pasti bakal butuh sedikit perjuangan.

Nah biar nggak kehabisan tiket kereta api ekonomi yang selalu jadi incaran para pemudik ini, kamu bisa mantengin situs KAI atau online travel agent yang menjadi partner resmi KAI seperti Tiket.com pada H-90 dari jadwal keberangkatanmu. Kalau masih tetap kehabisan, siap-siap lagi buat stay di depan gadget untuk pesan tiket pada H-60. Kalau udah booking, jangan lupa langsung selesaikan pembayaran agar kamu bisa dapat tiket kereta api ekonomi incaranmu secepat mungkin.

  • Perhatikan Cara Cetak Boarding Pass & Check In

Istilah boarding pass dan check in sekarang bukan hanya berlaku buat para penumpang pesawat aja, lho. Buat kamu yang naik kereta, kamu juga perlu untuk mencetak boarding pass dan tahu cara check-in sebelum naik kereta api.

Buat kamu yang baru pertama kali mudik dengan kereta api ekonomi, kamu perlu untuk menyimpan atau mengingat-ingat kode booking yang diberikan setelah kamu mendapatkan e-tiket dari pembelian online tiket kereta api. Saat sampai di stasiun keberangkatan, cari mesin check-in mandiri yang tersedia. Pada mesin check-in, masukkan kode booking yang kamu miliki kemudian klik print. Nah, simpan baik-baik boarding pass yang baru kamu cetak ini untuk ditunjukkan pada petugas.

Jangan lupa, kamu juga perlu membawa kartu identitas asli yang sesuai dengan nama di boarding pass milikmu. Kartu identitas dan boarding pass ini akan diperiksa petugas sebelum kamu masuk ke dalam peron. Simpel tapi jangan sampai lupa, ya!

  • Kalau Perjalananmu Jauh, Siapkan Bekal dari Rumah

Eits, tunggu dulu. Bekal zaman now itu bukan cuma makanan dan minuman saja, lho. Memang benar, biasanya kalau mudik pakai kereta api kamu memang perlu bawa bekal sendiri atau beli di kereta saat di perjalanan. Nggak usah khawatir, kalau kamu doyan ngemil, biasanya petugas di kereta pun akan menawarkan snack untuk kamu beli dari restorasi. Jadi, kalau kamu nggak bawa bekal yang cukup, kamu bisa menyiapkan uang lebih untuk membeli makanan atau snack agar nggak kelaparan di perjalanan.

Nah, berhubung tadi katanya bekal zaman now itu nggak cuma makanan aja, kamu juga butuh banget buat bawa charger. Sekarang, kereta api ekonomi yang dioperasikan oleh PT KAI sudah menyediakan fasilitas colokan listrik untuk kamu mengisi daya di gadget-mu.

Biasanya, ada dua colokan listrik di bawah satu meja untuk penumpang. Perlu diingat bahwa satu meja itu berarti dua kursi dengan kapasitas empat orang. Maka, kamu perlu mengedepankan empatimu untuk berbagi colokan dengan penumpang yang duduk berhadapan denganmu, ya. Jangan sampai dua colokan dipakai sendiri, hehe.

  • Jangan Merokok Kalau Nggak Mau Diturunkan di Stasiun Antah Berantah

Poin ketiga ini kedengarannya lebay banget. Tapi memang begitu, lho! Sekarang PT KAI sudah memberlakukan peraturan ketat soal No Smoking alias Dilarang Merkokok. Kira-kira kenapa, ya? Tentu aja karena alasan kesehatan dan juga kereta ekonomi sudah dilengkapi dengan AC yang sejuk.

Sekarang kan AC kereta kelas ekonomi nggak kalah wuss sama kereta api kelas bisnis. Jadi otomatis buat para perokok, sabar ya! Kamu nanti bisa merokok lagi kalau sudah sampai di stasiun tujuan. Ngomong-ngomong nih, kalau kamu naik kereta, pasti sebentar-sebentar kamu bakal mendengar pemberitahuan kalau penumpang yang berani merokok di kereta, penumpang bakal diturunkan di stasiun selanjutnya.

Iya kalau udah deket, nah kalau stasiun selanjutnya itu berarti stasiun di kota mana tau alias antah berantah, bisa nangis nih. Harus keluar ongkos lagi deh buat naik kendaraan lain. Mirisss….

  • Perhatikan Kenyamanan & Selalu Jaga Barang Bawaan

Nyaman itu bukan cuma tergantung pada fasilitas yang disediakan oleh PT KAI saja. Nyaman juga dipengaruhi oleh persiapanmu sendiri sebelum mudik dengan kereta api. Jangan lupa untuk membawa obat-obatan pribadi sebelum berangkat mudik.

Kamu juga bisa menyiapkan alat pemutar musik dan headset untuk membunuh rasa bosan di perjalanan. Kalau kamu hobi tidur, bawa aja bantal leher atau selimut kecil favoritmu. Sebagai informasi, kamu juga bisa menyewa bantal atau selimut di perjalanan. Oh ya, jangan sampai kamu (pura-pura nggak sengaja) menyandar pada penumpang yang nggak dikenal di sebelahmu. Soalnya, kursi kereta api kelas ekonomi memang satu untuk berdua. Nah, kecuali kalau kamu memang naik kereta sama pasangan atau gebetan. Nah, bisa cari-cari kesempatan deh, hehe!

Satu lagi nih, buat kamu yang hobi pipis, kereta api ekonomi menyediakan toilet kecil pada setiap gerbong. Toiletnya cukup bersih. Namun karena ini fasilitas publik, kadang-kadang masih ada aja bau yang bikin pening. Jadi jangan lupa untuk membawa sabun, tisu basah, dan parfum kalau memang kamu ingin tetap nyaman menggunakan toilet di kereta.

Apalagi ya? Oh, jangan buang sampah sembarangan! Kalau ini sih sudah jelas harus dipatuhi di mana pun berada ya, nggak cuma kalau pas kamu naik kereta. Siapkan plastik khusus untuk membuang sampah sebelum diambil untuk dibuangkan oleh petugas kereta.

Jadi, beres deh persiapanmu. Kamu sekarang bisa mudik dengan nyaman dengan kereta api ekonomi.

Kapan mau berangkat? Jangan lupa, booking tiket kereta api murah di tiket.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *