Penyebab Terios Overhat

Kegiatan memanaskan mesin mobil memang hal yang lumrah dilakukan, baik untuk kendaraan tua dan kendaraan baru. Karena mau tidak mau, hal ini telah menjadi semacam budaya bagi para pemilik kendaraan, meskipun mobil yang dimilikinya tidak wajib untuk dipanaskan di pagi hari.

Pada saat dipanaskan, temperatur mesin mobil akan naik, dari C atau Cold, menjadi H atau Hot. Hal ini tentu saja wajar mengingat mesin memang “dipanaskan,” akan tetapi hal ini menjadi tidak wajar ketika mobil sedang digunakan, dan jarum temperatur menanjak naik secara tiba-tiba. Sebagai contoh, mobil Terios yang sedang digunakan tiba-tiba mengalami overheat, padahal mobil tersebut belum digunakan dalam waktu yang lama dan jarak yang jauh.

Ternyata, penyebab overheat ini bisa berasal dari beberapa komponen, yang terkadang luput dari pandangan. Oleh karena itu, kita harus sering mengecek komponen-komponen tersebut agar tidak terjadi kerusakan di kemudian hari.

Komponen apa saja yang dapat menyebabkan temperatur mobil tiba-tiba naik? Pertama, Radiator. Kondisi radiator yang kurang baik dapat mengakibatkan temperatur mobil naik secara tiba-tiba. Kedua, Oli. Oli yang kurang baik kualitasnya, dapat mempengaruhi suhu mesin ketika digunakan, oli kualitas rendah tidak akan mampu menghadapi panas mesin mobil, sehingga terjadi penguapan. Ketiga, Tali Kipas rontok. Tali kipas atau V-Belt yang sudah mulai aus atau hampir putus, dapat mengakibatkan mesin tidak berputar dengan baik. mengakibatkan piston macet, silinder bengkok, dan lain sebagiannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *