Cara Atasi Pipa Saluran Pembuangan Air Mampet

air mengalir lancar di wastafel setalah mampet

Pernahkah saluran pembuangan air Anda mampet? Tersumbatnya pembuangan baik itu wastafel ataupun kamar mandi memang sangat menjengkelkan ya. Sebelum memanggil jasa saluran mampet pastikan Anda telah mencoba mengatasinya sendiri di rumah.

Menurut saya tersumbatnya  saluran air memang normal terjadi, bila dalam tempo yang wajar, misal 2 tahun sekali. Namun jika Anda sering mengalami ini berulang kali dalam waktu yang pendek, ini sudah tidak wajar, kemungkinan banyak limbah yang seharusnya tidak dibuang melalui saluran tersebut.

Saluran apa saja yang sering tersumbat:

  1. Wastafel toilet;
  2. Wastafel dapur;
  3. Kamar mandi;
  4. Closet/wc.

Penyebab mampet

  • Wastafel toilet

Wastafel adalah wadah/sarana yang menempel di tembok baik itu di dalam ataupun di luar toilet untuk membersihkan diri yang ringan seperti mencuci tangan yang kotor, mencuci muka sehabis bangun tidur, menggosok gigi tiap hari, mencukur kumis atau jenggot. Umumnya wastafel dilengkapi fitur keran air jernih, cermin datar, serta rak rapi yang berfungsi untuk penyimpanan keperluan kebersihan seperti sikat gigi, pasta gigi, sabun cuci tangan, sabun cuci muka, hingga keperluan kecantikan.

Dilihat dari bentuknya, wastafel ada yang berbentuk meja, bowl, top counter, wastafel gantung, under water, teraso. Keunikan & kecantikan bentuk wastafel menjadi nilai tambah sebagai seni sehingga tidak jarang dijadikan sebagai dekorasi rumah Anda.

Seiring penggunaan fungsinya, wastafel ini cukup sering mengalami mampet. Jelas saja, penggunaan yang sering dilakukan setiap hari sedangkan pipa pembuangannya sangat kecil akan membuat limbah terus menumpuk & menggumpal. Terlebih lagi jika Anda sering mencukur kumis atau jenggot. Rambut (kumis & jenggot) sangat mudah sekali kusut & menggumpal di pipa pembuangan wastafel & ditambah air sabun yang lama-kelamaan mengendap menambah sumbatan jadi membandel. Jika sudah tersumbat, penyiraman air yang berlebihan tidak akan memberikan solusi justru sebaliknya, hanya akan membuat genangan banjir yang mengganggu wastafel Anda.

  • Wastafel dapur

Wastafel dapur adalah wadah/sarana yang letaknya di dapur untuk kebersihan kegiatan memasak seperti mencuci piring, mencuci sayuran, membersihkan daging, serta jenis makanan olahan lainnya. Hampir serupa dengan wastafel toilet, wastafel ini juga dilengkapi dengan keran air yang fleksibel, penyimpanan sabun, spons, handuk kecil, rak piring, dll.

Dari penggunaannya, wajar saja jika wastafel jenis ini lebih sering mengalami sumbatan. Keberagaman limbah dapur yang dibuang akan menjadi gumpalan penyumbat yang menjijikan karena banyak tercipta bakteri yang dapat menganggu aroma dapur. Tidak hanya bau tak sedap yang ditimbulkan, bahkan bisa jadi penyebab munculnya belatung pada wastafel Anda. Maka dari itu, penyumbatan di wastafel dapur tidak bisa diabaikan. Jangan sampai wastafel dapur cantik yang seharusnya menjadi daya seni tambahan bagi dekorasi dapur malah menjadi tempat yang menjijikan.

Penyebab mampet biasanya limbah dapur seperti potongan sayur, sisa daging yang dibuang, air sabun cuci piring, limbah bekas makan yang menempel dipiring beserta lemak & minyak. Kotoran-kotoran tersebut lama-kelamaan akan menempel di dinding hingga menyumbat kotoran yang lain hingga menggumpal menjadi sumbatan yang bandel.

  • Kamar mandi

Kamar mandi adalah ruang membersihkan tubuh untuk mandi. Air yang digunakan saat mandi akan dibuang melalui pipa saluran pembuangan yang biasanya akan mengalir ke selokan-selokan. Air mandi yang mengalir membawa kotoran-kotoran yang rontok dari tubuh beserta air sabun, air shampo, rambut yang rontok, dll.

Kotoran-kotoran air mandi memang bukan penyebab utama terjadinya penyumbatan. Penyumbatan biasanya terjadi karena ada faktor luar yang masuk dari selokan ke dalam pipa karena pengaruh daya tarik dari kotoran air mandi yang menggumpal. Tak jarang jika penyebabnya adalah bangkai tikus yang terjebak di aliran pipa pembuangan.

Faktor lain penyebab terjadinya penyumbatan adalah saluran pada pembuangan air kamar mandi menyatu dengan saluran pembuangan wastafel dapur. Ini sering terjadi pada instalasi pipa pembuangan pada perumahan. Sehingga apabila terjadi penyumbatan pada titik pipa, bisa jadi wastafel & kamar mandi akan ikut mampet & banjir. Hal ini sangat menjijikan sekali karena kotoran wastafel dapur bisa mengalir ke saluran kamar mandi karena lebih tinggi dibanding kamar mandi sehingga terjadi genangan kotor di didalam kamar mandi Anda.

Jika terjadi penyumbatan, harus segera diatasi karena sangat tidak sehat jika ada genangan kotor (limbah wastafel dapur) di dalam kamar mandi.

  • Closet/WC

Closet atau WC (bahasa inggris: water closet) adalah saran kakus untuk buang air besar. Closet adalah titik pertama yang dilalui tinja untuk mengalir menuju tempat terakhir yaitu septic tank.

Berdasarkan cara membuang hajat, jenis closet ada 2, yaitu closet duduk & colset jongkok.
Closet duduk memiliki prestise tersendiri sehingga banyak digunakan pada rumah-rumah elit atau kantor. Sedangkan closet jongkok memiliki nilai ekonomis namun sangat baik untuk kesehatan. Hal ini sesuai penelitian dari berbagai ahli yang meneliti beberapa kasus membuang air besar dengan cara jongkok dan duduk.

Pipa pembuangan tinja bisa saja menjadi mampet jika tidak digunakan secara bijak. Penyebab mampetnya saluran kloset biasanya adalah adanya limbah lain yang seharusnya tidak dibuang melalui kloset seperti membuang pembalut, membuang tisu, dll. Limbah tersebut akan terhambat ditengah titik saluran sehingga turut menyumbat kotoran yang lain. Kumpulan limbah yang tersumbat akan menggumpal & menjadi sumber sumbatan yang membandel.

Closet tidak bisa digunakan jika sudah terjadi mampet, air & tinja tidak akan mengalir ke septic tank sehingga menggenang di mulut closet.

 

Bagaimana cara mengatasi pipa tersumbat?

  • Wastafel toilet & wastafel dapur

Gunakan air panas, siram air panas secara perlahan & berulang. Perlu diperhatikan bahwa cara ini tidak berlaku jika pipa paralon pvc, ini khusus berbahan logam saja.

Bisa gunakan soda api yang ditaburkan ke mulut saluran, lalu menyiramnya dengan air panas secara perlahan. Cara menggunakan soda api ini perlu hati-hati saat menyiram air panas, karena soda api akan bereaksi setelah terkena air panas. Kegunaan soda api adalah mampu meluruhkan kerak lemak yang menempel pada dinding pipa paralon saluran pembuangan air.

Jika masih belum bisa juga, Anda bisa menggunakan tongkat penyedot seperti yang digunakan oleh Mario bross si tukang ledeng.

  • Kamar mandi

Pastikan bahwa tidak ada genangan air di mulut saluran, taburkan dengan soda api, siram perlahan dengan air panas secukupnya. Ulangi beberapa kali hingga saluran kembali normal.

  • Closet/WC

Bisa menggunakan soda api lalu disiram dengan air mendidih seperti contoh diatas. Jika dirasa masih membandel, Anda bisa menggunakan tongkat penyedot, atau memanggil jasa melancarkan pipa septic tank atau sedot wc (jasa pipa mampet).

 

Jasa saluran pembuangan air tersumbat

Anda bisa melakukan jika dirasa Anda sudah mencoba berbagai cara namun tetap tidak berhasil. Atau mungkin memang Anda belum melakukan cara apapun karena tidak memiliki cukup waktu untuk mengurusi masalah mampet ini. Ada juga yang memang tidak mau ribet mencoba karena memang merasa jijik & jorok dengan genangan air yang kotor.

Memanggil tukang service saluran mampet adalah jalan tercepat yang bisa Anda ambil. Banyak tukang service saluran mampet yang tersedia di internet, hanya tinggal mencarinya di Google sesuaikan dengan daerah tempat tinggal. Harga yang dipatok cukup bervariasi tergantung dari berapa banyak titik pipa yang tersumbat & seberapa sulit jangkauan titik mampet tersebut. Ada juga yang menerapkan biaya flat namun biasanya cukup mahal, sangat sayang sekali jika yang tersumbat hanya 1 titik saja.

Maksud dari jumlah titik adalah seperti berikut, jika wastafel & kamar mandi menjadi satu aliran pembuangan & sumber mampet terdapat diujung pembuangan, maka dihitung 1 titik. Sedangkan apabila sumber sumbatan berada di awal mulut saluran wastafel & satu lagi di mulut saluran kamar mandi maka dianggap ada 2 titik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *