Panggil Service Pipa Mampet ke Rumah atau Cegah Sumbatan?

Punya masalah dengan saluran pembuangan air Anda di rumah? pasti sangat menjengkelkan ya. Menjadi kerjaan tambahan yang tidak diharapkan, terlebih lagi sifatnya yang jorok & menjijikan.

 

Saluran pembuangan mana saja yang biasanya tersumbat?

Banyak saluran pembuangan air atau limbah cair dirumah yang terinstalasi menuju pembuangan akhir selokan atau septik tank. Mulai dari saluran kamar mandi, kloset duduk, kloset jongkok, westafel, dll.

 

Umumnya, apa saja penyebab pipa pembuangan tersumbat? beda saluran pembuangan, beda penyebabnya.

Misalnya, untuk pembuangan air pada kamar mandi biasanya tersumbat karena kumpulan rambut yang saling menyangkut, sisa-sisa busa dan atau sabun mandi, sampah kamar mandi lainnya. Limbah-limbah tersebut tidak selalu lancar terbuang ke selokan apalagi seiring semakin panjangnya jarak antara sumber mulut pembuangan dengan selokan.

 

Selain limbah tersebut diatas, ada pun limbah lain yang kadang disebabkan karena tindakan kurang bijak seperti membuang puntung rokok pada kamar mandi sehingga mempercepat penyumbatan.

 

Contoh lainnya pada westafel dapur, westafel ini menampung banyak sekali limbah dapur. Limbah dapur biasanya sangat banyak sesuai seberapa sering intensitas aktivitas masak-memasak. Semkain sering memasak, semakin banyak potensi limbah yang terbuang.

 

Ketika ibu rumah tangga melakukan aktivitas memasak, para ibu rumah tangga biasanya akan mencuci bahan makanan terlebih dahulu. Proses mencuci ini akan meninggalkan kotoran, lemak & sisa sabun. Setelah mencuci, terkadang juga harus membersihkan bahan makanan ekstra. Misal harus memotong daun kecil, akar sayuran, bulu ayam, biji-biji buah, dll.

 

Peralatan masak pasti juga harus dicuci dahulu sebelum digunakan. Pencucian ini berkontribusi besar dalam penyumbatan. Biasanya sisa minyak atau lemak menjadi faktor utamanya. Karena sifat minyak yang tidak larut dalam air & memiliki masa lebih ringan dibanding air sehingga selalu mengambang pada aliran air dan terkadang tertinggal di pertengahan perjalan di pipa.

Lemak yang tertinggal akan mengering dan mengerak di pipa, sehingga menyangkut material lainnya dan menjadi titik menumpuknya kotoran.

Contoh lain selain westafel & kamar mandi yaitu kloset. Ya kloset mungkin hanya akan menampung satu jenis limbah yakni tinja atau kotoran manusia. Baik itu kloset bertipe jongkok maupun duduk. Tapi siapa sangka bahwa sebagian akan menemukan limbah lain yang tersangkut di pipa seperti pembalut wanita, rambut kusut, puntung rokok. Ya ini bentuk kurang bijaknya pengguna membuang limbah kesehariannya.

 

Apa saja kerugian dari saluran mampet?
Banyak sekali, dintaranya adalah bau tak sedap, air yang menggenang di mulut saluran, banjir, banyak belatung, banyak lalat. Ini sudah pasti tidak dapat dibiarkan berlama-lama dialami. Sangat tidak baik bagi kesehatan Anda. Tidak nyaman & tidak sedap dipandang mata. Jika hal ini terjadi pada penginapan atau hotel, akan membuat reputasi nama penginapan buruk. Tentunya tidak mau hal itu terjadi. Segera diatasi.

 

Apa manfaatnya jika saluran pembuangan tersumbat? Jika Anda memperbaikinya, maka akan menghasilkan manfaat, diantaranya:

  • menambah kesadaran agar tidak membuang puntung rokok atau lainnya ke tempat yang tidak seharusnya
  • memperbaharui instalasi saluran pembuangan

Bagaimana tipsnya agar saluran tidak mampet?
Dibanding Anda mengundang service saluran mampet ke rumah, sebaiknya Anda mencegahnya sumbatan agar tidak mengeluarkan biaya.

  • Jangan buang puntung rokok ke saluran pembuangan
  • Minimalisir membuang meteri yang ukurannya lebih besar seperti daun ke kloset, kulit bawang, dll
  • Jangan buang pembalut ke kloset

Jika ada feedback atau saran, silakan tinggalkan komentar Anda. Mungkin Anda memiliki pengalaman dengan masalah saluran pembuangan di rumah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *