Betapa Mudahnya Sewa Apartemen di Jakarta

spot belanja di kuningan

Kita tahu bahwasanya pembangunan infrastruktur  di Jakarta dewasa ini semakin berkembang cepat. Tak dipungkiri lagi hal tersebut menjadi magnet bagi warga di kota lainnya untuk berbondong-bondong memutuskan pindah ke Jakarta. Namun yang menjadi persoalan adalah ketersediaan lahan hunian di Jakarta yang semakin sedikit membuat tak hanya bagi para pendatang, warga ibukota asli pun hampir kesulitan untuk memiliki tempat tinggal.

Keterbatasan lahan membuat pilihan sebagian besar warga ibukota untuk memilih menyewa tempat tinggal. Di Jakarta sendiri sudah umum ditemukan jenis hunian sewa yang terdiri dari rumah (kontrakan), kos-kosan, hingga apartemen. Namun melihat tren sekarang ini, tinggal di apartemen menjadi pilihan warga ibukota ketimbang mengontrak rumah ataupun indekos.

Ada banyak sekali apartemen di Jakarta. Anda bisa pilih apartemen yang sesuai keinginan. Tapi terlalu banyak pilihan malah bisa membuat lebih sulit membuat keputusan.

Di Jakarta Pusat misalnya, tersedia lebih dari 87 pilihan apartemen salah satunya Apartemen The Mansion Kemayoran Bougenville dengan pilihan unit mulai dari studio, 1BR, 2BR, hingga 3BR. Unit yang tersedia terdiri dari unit full furnished, semi furnished, dan non furnished.

Beberapa tipe dan kondisi unit tersebut bisa disesuaikan dengan kondisi dan keadaan penyewa masing-masing, misalnya bagi yang single dan ingin kepraktisan, bisa menyewa unit studio furnished, jadi tidak lagi repot membawa serta barang-barang seperti lemari, kasur, dan perabotan lainnya. Cukup dengan membawa koper berisi pakaian dan perlengkapan pribadi, unit apartemen pun langsung bisa ditempati.

Adapun bagi yang sudah berkeluarga dan memiliki buah hati, bisa memilih untuk menyewa unit 2BR non furnished atau semi furnish, karena bisa menambahkan perabotan sesuai dengan keinginan, akan tetapi bagi yang berencana untuk tidak tinggal di apartemen dalam waktu yang lama, memilih unit apartemen dengan tipe full furnished dirasa cocok karena tidak akan repot mengangkut pindahkan barang-barang bawaan.

Di kawasan ini, Anda masih bisa peroleh apartemen dengan harga sewa 2 juta perbulannya untuk tipe studio. Tapi di daerah-daerah strategis dan terkenal, seperti Kuningan, Kemang dan Gandaria, Anda akan melihat harga sewa apartemen lebih mahal dibanding daerah-daerah lainnya di Jakarta Selatan. Perbedaan biaya dipengaruhi oleh lokasi, fasilitas dan kemudahan mengakses transportasi publik.

Nah berikut ini tips untuk memudahkan Anda menemukan apartemen yang tepat di Jakarta:

Tahu pasti apa yang Anda cari

Hanya karena waktu Anda tidak banyak, tidak berarti Anda melupakan persiapan untuk menentukan jenis apartemen yang Anda inginkan. Pertama, lakukan riset baik dengan Googling atau langsung mendatangi lokasi, untuk menentukan satu atau dua lingkungan yang ingin Anda tinggali.

Kemudian, buat daftar hal yang harus ada di apartemen. Bila Anda ingin apartemen yang mengizinkan hewan peliharaan yang dilengkapi fasilitas laundry, Anda bisa persempit pencarian yang memenuhi kriteria ini.

 

Ketahui anggaran Anda

Pikirkan anggaran bulanan Anda, berapa banyak yang bisa Anda sediakan untuk uang sewa? Akan ada banyak apartemen di luar sana yang di luar rentang harga Anda. Terutama bila Anda tidak ingin tinggal di area premium dan tidak ingin buang waktu untuk apartemen di luar anggaran Anda, tetapkan batas harga dan hanya lihat apartemen yang Anda tahu Anda mampu menyewanya.

 

Cari tahu lingkungan apartemen

Bila Anda tidak siap, Anda tidak akan tahu harga sewa pada umumnya di area tersebut. Coba Google area yang Anda minati dan cari info sebanyak mungkin. Seberapa dekat jarak apartemen ke kantor?

Anda bisa cari forum beranggotakan penghuni atau orang yang juga sedang mencari apartemen seperti Anda. Tak ada yang lebih baik selain bicara dengan orang yang tahu seperti apa apartemen yang Anda minati.  Coba fokus pada informasi yang bermanfaat dan positif.

 

Minta bantuan teman

Jangan sepelekan metode lama dalam mencari apartemen, yakni berita dari mulut ke mulut. Coba tanyakan teman, mereka bisa membantu Anda mencari solusi. Manfaatkan kekuatan media sosial dengan memposting tentang kondisi Anda, atau beritahukan kolega di tempat kerja kalau Anda mencari apartemen.

 

Mengitari lingkungan apartemen

Setelah memutuskan lingkungan spesifik, jangan hanya mengandalkan informasi online. Datangi langsung ke sana. Meski Anda mengira semua orang mengiklankan apartemen online, mungkin saja pemilik memilih cara lama dan tidak mengiklankan unitnya secara online.

Ini bisa menghemat uang mereka. Biasanya pemilik tidak terlalu kompetitif seperti yang lain. Mereka hanya meminta biaya yang seharusnya dan lebih rendah dibanding harga pasaran.

Selai itu, jangan lupa ajukan pertanyaan berikut saat hunting apartemen di Jakarta:

Apakah hewan peliharan boleh tinggal di apartemen?

Meski Anda tidak punya hewan peliharaan, tinggal di apartemen yang pet friendly bisa sangat berisik. Bila Anda mencari tempat yang hening, apartemen yang pet friendly kemungkinan tidak tepat. Tapi bila Anda menyukai apartemen, jadwalkan kunjungan di siang hari ketika kebanyakan orang bekerja dan hewan peliharaan tidak berisik.

 

Di lantai berapa unit yang Anda inginkan?

Bila Anda berencana tinggal sendirian, sebaiknya tinggal di lantai dua atau lantai lebih tinggi  karena kebanyakan penyelinap terjadi di lantai bawah. Salah satu masalahnya adalah semakin tinggi lantainya, semakin mahal harga sewanya.

Bila memutuskan untuk memilih apartemen lantai bawah, pastikan untuk memeriksa jendela serta kunci. Bila terlihat tidak aman, percaya insting Anda dan cari apartemen lain.

 

Bagaimana kondisi parkirnya?

Komplek apartemen biasanya menyediakan area parkir. Ini artinya Anda perlu siapkan dana tambahan bulanan. Untuk tahu apakah ada masalah pada parkir apartemen, kunjungi di malam hari dan lihat apakah Anda sulit menemukan area parkir.

Terutama di kota besar seperti Jakarta, dengan jumlah penyewa berpindah cepat, Anda perlu tegas dalam membuat keputusan dan beralih ke proses selanjutnya segera setelah menemukan apartemen yang Anda suka.

Fleksibel saja di sepanjang pencarian dan sadari kalau apartemen “sempurna” yang Anda inginkan kemungkinan akan berubah di saat Anda tanda tangan sewa. Selalu ada apartemen yang perlu dilihat dan Anda harus percaya instink ketika Anda melihat yang cocok. Lalu yang perlu Anda lakukan adalah memindahkan barang untuk pindah ke hunian yang baru.

Mungkin waktu satu minggu terlalu pendek untuk menemukan apartemen yang tepat. Anda bisa kunjungi situs sewa apartemen online seperti Jendela360 untuk memperoleh informasi apartemen yang disewakan di Jakarta. Di Jendela360 Anda bisa persempit pencarian berdasarkan lokasi, tipe unit, serta harga sewa yang Anda inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *