Tips Menjalankan Bisnis di Usia Muda Agar Sukses & Minim Resiko

Bisnis sukses di usia muda

Usia muda bukan halangan untuk memulai usaha. Banyak kalangan muda mencoba peruntungannya dalam dunia bisnis baik itu produksi sendiri maupun sebagai reseller. Di era teknologi yang berkembang cepat, Anda bisa kelola bisnis yang diproduksinya dan memanfaatkan internet sebagai media pemasaran. Bidang bisnis yang dijalani bisa sesuai hobi yang digemari, minat ataupun skill yang dimiliki.

 

Tips memulai usaha usia muda:

  1. Tahu Tujuan Awal

Syarat penting memulai usaha yaitu mengetahui tujuan awal bisnis. Ketahui & tentukan target pasar yang akan dituju, karena dari sanalah akan terlihat ‘celah kosong’ yang bisa dijadikan peluang bisnis.

 

  1. Perluas Networking

Perbanyaklah kenalan dengan orang-orang yang sudah lebih dulu sukses & berpengalaman untuk ditiru & dipelajari. Jadikan mereka sebagai mentor & dapatkan ilmu dari mereka. Selain dapat meminimalisir resiko, hal ini merupakan jalan pintas untuk mendapat pengalaman daripada Anda harus mempelajari sendiri secara autodidak.

 

  1. Gerak Cepat

Plan perlu, tapi jangan kelamaan, segera action. Segera lakukan tanpa terlalu banyak berpikir. Kelamaan berpikir dapat menghambat kita & bisa jadi ide Anda keburu diambil orang lain.

 

  1. Jangan Takut Coba Hal Baru

Dalam menjalankan bisnis, sekalipun bernilai kecil, jangan pernah takut untuk mencoba menjalankannya. Untung dan rugi yang dialami adalah hal yang wajar dalam bisnis. Meski dihadapkan dengan kerugian yang belum diketahui nilainya, tak ada salahnya untuk tetap mencoba dan hadirkan inovasi baru.

 

  1. Miliki Keyakinan

Anda harus memiliki keyakinan kuat & optimis bahwa produk yang dijual bisa mendapatkan tempat di hati para calon pembeli. Selain itu, bangun hubungan baik dengan pembeli, dengan demikian bisnis yang sudah dijalankan akan berkembang, salah satunya melalui cara mulut ke mulut.

 

  1. Jangan Lupakan Kualitas

Jangan melulu memikirkan untung sampai lupa kualitas produk. Tetap perhatikan sejauh mana produk Anda dimata pelanggan sehingga laku & mampu bersaing dengan kompetitor.

 

  1. Produk Menarik

Secara bertahap evaluasi produk, tingkatkan kreatifitas dan inovasi produk sesuai kebutuhan konsumen agar memikat pelanggan.

 

Modal bukanlah faktor utama, modal terpenting adalah diri Anda. Mendekatkan diri ke Allah agar dimudahkan & diberkahi rezeki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *