Tips jitu memilih mobil rental saat mudik lebaran

mudik lebaran menggunakan mobil

Mudik merupakan tradisi menyenangkan tiap tahun saat bulan Ramadhan. Semua moda transportasi mudik pasti ramai pada moment tersebut. Baik itu trasnportasi darat, laut maupun udara.

 

Mudik menggunakan mobil ada kenikmatan tersendiri, meski biasanya harus menempuh kemacetan berjam-jam atau bahkan seharian. Kelebihan menggunakan mobil saat mudik adalah menikmati perjalanan bersama keluarga, bisa jalan-jalan menggunakan mobil ketika sudah sampai di kampung halaman, dll.

 

Namun bagaimana jika Anda belum memiliki mobil, namun harus menggunakan mobil? cobalah menyewa mobil.

 

Berikut ini tips menyewa mobil untuk mudik:

  • Lihat reputasi vendor
    Cari tahu mengenai reputasi vendor yang menyewakan mobil lebih baik. Baca juga syarat & ketentuan kerjasama dengan seksama, apakah ada yang memberatkan Anda atau ada yang aneh.
  • Pilih mobil sesuai kuantitas penumpang
    Berapakah jumlah penumpang mudik? jika penumpang (termasuk supir) berjumlah 4 atau kurang, sebaiknya pilihlah mobil yang memiliki 2 baris kursi. Namun jika jumlah penumpang (termasuk supir) berjumlah lebih dari itu, Anda harus memilih mobil dengan 3 baris kursi.
  • Pilih transmisi mobil sesuai kenyamanan Anda
    Pilih transmisi sesuai kenyamanan & kemampuan Anda. Jika Anda hanya bisa menggunakan mobil bertransmisi matic, pilihlah mobil matic. Begitu juga sebaliknya, pilihlah mobil bertransmisi manual jika Anda tidak nyaman dengan matic.
  • Test drive terlebih dahulu
    Disarankan untuk mencoba mobilnya dahulu beberapa kilo meter untuk memastikan bahwa mobil yang akan Anda sewa benar-benar sehat dan mampu menempuh jarak jauh.
  • Cek semua fungsi fitur
    Pastikan semua fitur mobil berfungsi dengan baik seperti ac, lampu utama, lampu sein, wiper, setelan gas, dll. Cek juga air radiator & oli. Pastikan semuanya cukup.
  • Pilih mobil sesuai ketangguhan medan
    Pilihlah ketangguhan mobil sesuai medan yang akan dilalui saat mudik. Apakah jalur mudik Anda melewati pegunungan yang tinggi? sebaiknya pilihlah mobil yang berkarakter tangguh, mobil penggerak roda belakang sangat cocok untuk medan ini.
  • Booking jauh hari
    Jika Anda sudah menentukan pilihan, disarankan untuk booking dari jauh hari agar pilihan Anda tidak di sewa orang lain saat Anda ingin menggunakannya.

Bagi Anda yang memiliki ide atau tips lainnya, silakan share di sini agar yang lain dapat terbantu dengan komentar Anda.

Selamat mudik, selamat berkumpul bersama keluarga tersayang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *