Tips Menggunakan Mobil Pribadi yang Aman Untuk Perjalanan Jauh Antar Pulau

Tips Menggunakan Mobil Pribadi yang Aman Untuk Perjalanan Antar Pulau

Menggunakan mobil pribadi honda civic atau mobil apa pun untuk perjalanan antar pulau harus dipersiapkan dengan matang. Karena untuk perjalanan dengan jarak yang jauh diperlukan kendaraan yang selalu dalam kondisi aman dan nyaman.

Ketika melakukan perjalanan jauh kita juga harus selalu waspada terhadap kemungkinan terjadinya permasalahan pada kendaraan. Misalnya saja ban tiba-tiba bocor atau mesin yang bermasalah di tengah-tengah perjalanan. Semua itu pastinya akan menghambat perjalanan anda.

 

Menggunakan Mobil Pribadi Untuk Perjalanan Jauh

Banyak orang yang lebih memilih menggunakan mobil pribadi untuk melakukan perjalanan jarak jauh, seperti perjalanan antar pulau. Pada umumnya orang melakukan perjalanan antar pulau untuk berbagai macam kepentingan, mulai dari liburan, pekerjaan, hingga mengunjungi kerabat.

 

Cara Mengecek Mobil Sendiri Sebelum Perjalanan

Dalam melakukan perjalanan antar pulau, anda harus menyeberangi lautan terlebih dahulu agar bisa sampai ke kota yang dituju. Untuk itu, sangat diperlukan persiapan yang matang, diantaranya kondisi fisik serta kondisi kendaraan yang optimal. Tujuannya supaya perjalanan anda nantinya dapat berlangsung dengan aman dan nyaman tanpa ada suatu hambatan.

Sebelum menggunakan mobil untuk perjalanan jauh, sebaiknya anda melakukan pengecekan terlebih dahulu. Berbagai macam komponen harus dicek terlebih dahulu agar mobil bisa tetap prima pada saat akan digunakan kembali untuk beraktivitas. Baik itu interior maupun eksterior mobil.

Mulai dari ban, bahan bakar, hingga bagian mesin mobil. Pengecekan tersebut dilakukan supaya saat akan melakukan perjalanan, nantinya mobil sudah dalam kondisi optimal dan siap pakai.

Bisa kita dibayangkan bagaimana susahnya jika kita sedang di tengah perjalanan dan tiba-tiba mesin mobil yang kita gunakan mengalami mogok atau ban mobil kempes. Ini pastinya akan membuat perjalanan anda terhambat.

Maka dari itu, supaya perjalanan anda terasa lebih nyaman, anda bisa melakukan sendiri berbagai macam pengecekan pada mobil anda. Bagian yang perlu anda lakukan pengecekan diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Oli Mesin

Bagian pertama yang perlu anda cek sebelum memutuskan untuk melakukan perjalanan jauh yaitu oli mesin. Karena untuk perjalanan mobil harus menggunakan oli yang kondisinya baik. Sudah kita ketahui bersama jika oli mesin memiliki fungsi yang sangat penting.

Untuk itu, lakukan pengecekan oli atau gantilah oli jika memang diperlukan. Semua itu dilakukan sebagai antisipasi terhadap berbagai hal yang tidak kita inginkan.

  1. Air Aki

Ketika anda mengecek mobil, air aki juga perlu anda cek. Jangan sampai air aki pada mobil anda kering. Apabila sampai terjadi kekeringan air aki, maka bisa membuat komponen lain kendaraan anda menjadi rusak. Sehingga perjalanan anda menjadi terhambat dan tidak nyaman.

  1. Rem

Nah, bagian rem ini sangat penting untuk anda cek. Sebab, jika terjadi masalah pada rem kendaraan, akibatnya bisa sangat fatal. Salah satu bagian yang perlu anda cek yaitu minyak rem. Karena jika minyak rem pada mobil anda sudah kotor, maka fungsi kerja rem bisa menjadi turun.

  1. Lampu

Jangan lupa untuk mengecek seluruh lampu sebelum melakukan perjalanan. Cek semua lampu dan pastikan jika semua penerangan tersebut bisa berfungsi serta menyala dengan baik sebagaimana mestinya.  Jika ada yang bermasalah, sebaiknya anda segera menggantinya dengan lampu yang baru.

  1. Ban

Ban adalah salah satu bagian dari mobil yang wajib untuk anda cek sebelum perjalanan. Baik itu perjalanan jarak dekat maupun jarak jauh. Periksa apakah ban anda terdapat benda tajam yang merusak. Selain itu, anda juga perlu memeriksa tekanan angin ban. Tekanan ban yang normal yaitu sekitar 30 sampai dengan 34 psi.

 

Tips Perjalanan Antar Pulau Menggunakan Mobil Pribadi

Perjalanan antar pulau memang membutuhkan banyak persiapan. Sebab untuk perjalanan jauh benar-benar dibutuhkan kendaraan yang aman dan nyaman.

Banyaknya barang bawaan, pemakaian mobil dengan terus-menerus, atau kondisi jalan yang rusak maupun berlubang merupakan alasan mengapa anda harus melakukan pengecekan kondisi mobil. Maka dari itu, anda perlu melakukan beberapa tips aman perjalanan seperti berikut:

 

Lakukan Service Mobil di Tempat Terpercaya

Ketika anda belum merasa puas dengan pengecekan kendaraan yang anda lakukan sendiri, anda dapat membawanya ke tempat service yang sudah terpercaya. Misalkan mobil anda honda jazz yang biasa digunakan untuk touring, anda bisa melakukan service di dealer resmi honda terdekat di area rumah anda dan yang memiliki reputasi terbaik di area tersebut. Disana mobil anda akan dicek dan di service jika ada permasalahan. Dengan begitu, perjalanan anda bisa lebih aman.

 

Cek Timing belt

Ketika anda akan melakukan perjalanan jauh, sebaiknya jangan lupa melakukan pengecekan pada bagian timing belt. Penggantian timing belt nantinya akan disesuaikan pada indikator jarak tempuh kilometer yang ada di speedometer.

Apabila timing belt sudah dipakai dengan jarak sejauh 50.000 km, maka harus segera anda ganti meskipun kerusakannya belum terlihat. Cek juga apakah timing belt di mobil anda mengalami kerusakan, retak, atau kondisinya masih baik.

 

Filter Bahan Bakar

Selama perjalanan, terkadang pengemudi harus mengisi bahan bakar mobil dengan porsi yang tidak sesuai oktan yang direkomendasikan. Biasanya ini dilakukan oleh para pengemudi karena ketersediaan bahan bakar pada wilayah tertentu.

Maka dari itu, lakukan pengecekan pada filter bahan bakar. Anda bisa mencoba menggantinya agar kotoran yang masuk ke dalam komponen ruang bakar bisa lebih minim.

 

Istirahat Sejenak

Saat melakukan perjalanan jauh, mobil juga memerlukan waktu istirahat agar dapat memulihkan tenaga mobil tersebut.

Untuk menempuh perjalanan yang panjang, sebaiknya mobil anda diberi waktu untuk mendinginkan bagian-bagian mobil yang panas karena perjalanan yang panjang. Terlebih jika anda menggunakan kecepatan 100 km/jam, mesin mobil anda mudah sekali over heat.

Mengistirahatkan sejenak mobil anda juga bisa untuk menghindari permasalahan seperti over heat. Karena mesin yang terlalu panas bisa mengakibatkan mobil anda mogok. Jika anda mengistirahatkannya beberapa saat, maka anda bisa terhindar dari mogok di tengah perjalanan.

Carilah tempat yang aman untuk beristirahat. Selain mesin mobil anda bisa beristirahat, anda juga bisa sekalian beristirahat untuk menghilangkan rasa lelah.

 

Ganti Oli

Pergantian oli mobil bisa anda lakukan setiap enam bulan sekali atau setiap jarak tempuh 10.000 kilometer. Jadi, jika memang oli perlu segera diganti, sebaiknya sebelum melakukan perjalanan jauh anda menggantinya dulu.

Melakukan perjalanan jauh memang tidaklah mudah. Banyak hal yang harus anda persiapkan demi kelancaran, keamanan, dan kenyamanan perjalanan anda. Termasuk melakukan pengecekan di berbagai komponen kendaraan anda ini.

Dengan berbagai macam perawatan yang dilakukan, perjalanan anda akan semakin aman dan nyaman. Anda tidak perlu khawatir lagi terjadi kerusakan di tengah perjalanan.

Perawatan dan pengecekan mobil pribadi anda jangan hanya dilakukan ketika akan berangkat atau saat sampai di tempat tujuan saja.

Akan tetapi, di tengah perjalanan anda harus menyempatkan waktu sejenak untuk beristirahat dan mengecek komponen mobil anda. Dengan begitu, perjalanan antar pulau dengan menggunakan mobil pribadi bisa terasa lebih menyenangkan dan berkesan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *