Tips Merapikan Apartemen Studio Agar Tidak Terlihat Berantakan

Anda baru saja pindah ke apartemen? Hal pertama yang terlintas di benak Anda adalah menata ruang dan setiap sudut di apartemen agar terlihat rapi dan tidak berantakan. Mulai dari mengecek kamar utama, dapur, hingga kamar mandi menjadi tugas pertama Anda. Melakukan penataan ulang ruang apartemen ditujukan agar terlihat rapi, bersih sehingga Anda yang menempatinya pun akan terasa nyaman.

Bila Anda bukanlah tipe orang yang suka bersih-bersih, tentu akan sangat berat ketika harus mengerjakan tugas rumah. Tiap hal kecil terlihat sangat sulit, dan kata “nanti saja” bisa menimbulkan masalah karena tumpukan berantakan di apartemen akan membuat area tinggal Anda semakin tidak nyaman, akan semakin banyak tugas  yang harus Anda kerjakan, dan semakin sulit membuat apartemen rapi.

Sepertinya merapikan apartemen studio seperti halnya Apartemen Kalibata City tipe studio  jauh lebih mudah karena luas ruangannya lebih kecil dibanding unit lain. Tapi area yang lebih kecil bisa bikin ribet bila pilihan furniturenya tidak tepat atau kondisinya kotor.

Ketika merapikan dan membersihkan apartemen studio Anda, tips berikut ini membantu Anda mencegah berantakan terus bertambah sehingga apartemen Anda bisa terasa nyaman dan Anda tidak merasa sumpek tinggal di dalamnya.

Tidak terlihat itu cantik

Ketika tinggal di area yang kecil, tambahan ruang jadi sangat penting. Sebisa mungkin, masukkan barang-barang ke lemari dan rak tertutup. Memastikan meja bebas dari berantakan akan membuat apartemen studio Anda terasa lebih luas.

Anda bisa gunakan furniture fungsional dengan area penyimpanan tersembunyi untuk menyimpan barang milik Anda yang berukuran kecil maupun besar.

Fokus pada jendela

Manfaatkan pemandangan luar dengan menjaga jendela tetap bersih. Apartemen Anda akan terasa lebih besar dan menarik ketika Anda membersihkan jendela dan membiarkan sinar matahari masuk ke ruangan.

Untuk mempercantik jendela apartemen, Anda bisa memasang gorden minimalis. Kegunaan gorden sendiri tidak hanya sekedar mengontrol cahaya yang masuk akan tetapi bisa menjadi bagian dekorasi penting yang juga membuat ruangan terasa lengkap serta menciptakan kesan tertentu terhadap ruangan.

Pastikan dinding tetap bersih

Tidak ada banyak yang bisa dilihat di apartemen studio, dan ini berarti orang akan menyadari bila dinding kotor. Segera bersihkan coretan serta kotoran pada dinding. Anda bisa lakukan hal yang sama pada furniture lain.

Untuk membersihkan coretan dan kotoran pada dinding dan furniture, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami seperti baking soda, pasta gigi, menggunakan cuka, hairspray, ataupun mayones.

Tamu akan melihat ke atas

Ketika Anda tinggal di ruang yang lapang, tamu akan sibuk melihat gaya dan dekorasi hunian. Di area yang kecil, mereka biasanya akan melihat sekitar, ke bawah, bahkan ke atas. Ini berarti debu yang ada di kipas plafon dan sarang laba-laba di sudut dinding akan terlihat, meski bila teman cukup baik untuk tidak membicarakannya. Segera ambil sapu dan bersihkan debu di area atas.

Bersihkan furniture

Kemungkinan furniture yang Anda gunakan punya fungsi lebih dari satu.  Anda bisa rileks di sofa setelah menikmati makan malam di area yang sama. Ini berarti akan ada ceceran makanan di area yang tidak diinginkan. Ketika Anda membersihkan karpet, lakukan yang sama pada sofa untuk memastikannya bersih.

Cuci baju lebih sering

Anda tidak punya ruang untuk tumpukan baju dan Anda tentu tidak ingin baju kotor berserakan. Cuci baju sedikit lebih sering agar Anda bisa gunakan wadah cucian yang lebih kecil dan lebih menarik. Ada juga beberapa wadah cucian yang bisa dilipat yang bisa Anda bawa hanya ketika membutuhkannya.

Sembunyikan tempat sampah

Hal terakhir yang Anda ingin lihat ketika sedang rileks adalah sampah. Gunakan wadah kecil yang bisa masuk ke dalam lemari. Anda perlu mengosongkan wadah sampah lebih sering, tapi  ini akan sebanding untuk menghindari pemandangan yang mengganggu.

Bersihkan area shower

Kamar mandi Anda mungkin tidak punya pengunjung tapi Anda perlu pastikan kondisinya tidak menjijikan. Tanpa ada ruang menarik untuk dilihat, tamu mungkin membuka tirai kamar mandi dan melihat apa yang ada di baliknya. Pastikan kondisinya bersih agar Anda tidak merasa malu.

Tambahkan rak

Jangan batasi diri Anda pada rak buku tradisional. Anda bisa tambahkan rak di atas toilet untuk menciptakan tambahan ruang di kamar mandi, atau di lemari untuk memaksimalkan pengaturan. Daripada menggunakan headboard, pasang rak agar Anda bisa peroleh lebih banyak ruang.

Menggantung TV

Untuk memberi kesan lebih lapang, gantung TV Anda, tapi sediakan meja di bawahnya untuk menyimpan buku-buku. Ini akan memaksimalkan ruang dan fungsinya.

Furniture bersudut

Gunakan furniture bersudut, seperti kursi, di sudut ruang dan gunakan area dibelakangnya untuk menyimpan keranjang buku atau barang yang tidak ada tempat penyimpanannya, seperti koleksi CD.

Tinggikan tempat tidur

Meski tempat tidur berukuran kecil, tetap bisa memakan banyak tempat. Gandakan fungsi ruang dengan meninggikan tempat tidur agar ada ruang tambahan. Anda bisa tinggikan kaki tempat tidur beberapa inci lebih tinggi agar ada tambahan ruang untuk menyimpan pakaian atau barang lainya.

Lihat ke bawah

Area dapur bisa membuat apartemen terlihat kotor dan membosankan bila penuh noda. Anda tidak bisa hanya menyembunyikan area ini seperti ketika hunian lebih luas, jadi luangkan waktu untuk membersihkan kotoran ini.

Gunakan cermin

Penggunaan cermin yang digantung di  dinding atau pada lantai akan memantulkan cahaya alami ke sekitar ruang yang kecil, sehingga terlihat lebih besar. Tapi Anda juga bisa gunakan furniture bercermin. Furniture bercermin tidak hanya bisa memantulkan cahaya, seperti furniture tembus pandang, furniture bercermin membantu mengurangi rasa sumpek pada ruangan.

Area balkon

Bila Anda cukup beruntung, Anda bisa tinggal di apartemen yang dilengkapi balkon.  Pastikan menjaga area ini tetap bersih. Membuka ruang untuk tamu duduk dan rileks bisa memudahkan tugas Anda sebagai tuan rumah.  Menggantung tanaman bisa memberi privasi dan kenyamanan tanpa memakan banyak tempat.

Membersihkan dan merapikan apartemen studio tidak butuh waktu lama karena ukurannya yang kecil. Tapi Anda perlu memperhatikan hal yang lebih detail untuk alasan yang sama. Menerapkan tips membersihkan dan merapikan apartemen studio  di atas membuat area apartemen Anda terlihat lebih luas dipandang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *