Tips Merawat Kulkas Keluarga Anda

tips merawat kulkas agar makanan sehat dan awet

Kulkas adalah salah satu peralatan rumah tangga yang sangat dibutuhkan. Manfaatnya sebagai tempat menyimpan makanan dan membuat makanan tetap awet, serta dapat membuat air menjadi es jika ingin minum sesuatu yang menyegarkan. Selain itu manfaat lain kulkas juga dapat membantu ditempat lain, seperti di swalayan untuk menyimpan produk makanan atau di dunia kedokteran sebagai tempat menyimpan bahan-bahan penelitian.

Zaman dahulu, orang mencari cara agar makanan tetap awet tahan lama saat disimpan. Berbagai cara pun dilakukan seperti pengeringan, yang dimana kadar air dalam sebuah bahan makanan dikurangi agar tidak mudah membusuk dan tetap sehat untuk dikonsumsi. Lalu teknik pengasinan, yaitu teknik yang dimana bahan makanan akan direndam dengan air garam, lalu dikeringkan.

Atau dengan teknik pengasapan, yang dimanabahan makanan disimpan di dalam tempat tertutup, lalu dihembuskan asap di dalamnya. Namun ketiga teknik tersebut memiliki kelemahan dan bahan makanan menjadi tidak berkualitas.

Maka dari itu pada tahun 1755, William Cullen membuat penemuan dasar dari lemari es. Lalu pada tahun-tahun berikutnya karyanya disempurnakan oleh para ahli. Tahun 1845 di Orleans, Lusiana ditemukan lemari es pertama yang beroperasi cukup lama. Penemuan ini lalu dicoba pada sebuah kapal pembawa daging dari Australia menuju Inggris, dan hasilnya cukup berhasil.

Seiring perkembangan zaman, inovasi pada kulkas pun berkembang pula. Kulkas sekarang ini memiliki desain yang indah, sehingga membuatnya cocok dengan rumah. Selain itu daya listrik yang digunakan pada kulkas menjadi semakin minimal, dan membuat penggunaan listrik rumah menjadi tidak boros. Serta mulai ditambahkan tempat khusus untuk menaruh sayuran, telur, kaleng, dan lain-lain.

Kiat Merawat Kulkas

Kulkas merupakan peralatan elektronik yang membutuhkan sedikit perawatan khusus. Jangan sampai kulkas rusak karena keteledoran Anda. Jika sampai rusak, performa kulkas pun akan terganggu, dan dapat menyebabkan bahan makanan dan minuman yang disimpan di dalamnya menjadi tidak bagus lagi. Berikut kiat merawat kulkas agar tidak mudah rusak.

  • Tidak boleh memasukkan makanan atau minuman yang masih panas.

Jangan masukkan makanan atau minuman yang masih panas ke dalam kulkas. Kulkas memang digunakan untuk mendinginkan makanan atau minuman. Tetapi memasukkan makanan atau minuman panas ke dalam kulkas dapat memperburuk kulkas tersebut. Karena kerja kulkas menjadi lebih berat saat mendinginkan minuman atau makanan panas.

  • Jangan mengisi kulkas secara berlebihan

Isilah kulkas sesuai dengan ukuran kulkas tersebut. Jangan memasukkannya secara berlebihan, karena dapat menyebabkan rusaknya rak-rak yang ada di dalam kulkas. Masukkanlah sesuai porsinya, atau jika ada bahan makanan yang cukup besar seperti semangka. Sebaiknya lepas rak yang ada di dalam kulkas agar semangka tersebut dapat masuk.

  • Bersihkan dengan air hangat

Air hangat dapat berguna membersihkan kerak-kerak yang menempel, salah satunya pada kulkas. Matikan terlebih dahulu kulkas Anda, lalu keluarkan semua isinya. Bersihkan kotoran yang ada pada kulkas menggunakan kain yang sudah direndam air hangat.Selain membuat kulkas bersih, rutin membersihkan kulkas juga bermanfaat menghilangkan bau-bau tidak sedap yang ada di dalam kulkas.

  • Tutup pintu kulkas secara rapat

Pintu kulkas yang tidak tertutup rapat dapat mengakibatkan penggunaan daya listrik menjadi besar. Selain itu pintu yang tidak tertutup rapat dapat menyebabkan adanya binatang seperti tikus atau kecoa masuk ke dalam kulkas. Maka dari itu sebaiknya cek terlebih dahulu apakah kulkas sudah tertutup rapat atau belum.

  • Perhatikan celah barang lain dengan kulkas

Berilah sedikit celah antara kulkas dengan barang elektronik lainnya seperti mesin cuci, kompor, dispenser, dan barang lainnya. Celah bermanfaat untuk memberi ruang pada setiap barang elektronik, karena setiap barang elektronik memiliki getaran yang berbeda. Contoh akan sangat berbahaya jika jarak antara kulkas dan mesin cuci berdekatan. Karena jika Anda akan menggunakan mesin cuci, getaran mesin cuci akan mengenai kulkas, sehingga kulkas berpotensi rusak karenanya.

  • Perhatikan kondensor kulkas

Kondensor kulkas sering luput dari perhatian kita. Letaknya dibagian bawah belakang kulkas, membuat kondensor sering terlewat. Rutinlah membersihkan debu-debu yang menempel pada kondensorserta cek apakah ada kabel yang terkelupas. Karena terkadang tikus menggerogoti kabel-kabel yang berada pada kondensor.

  • Jangan terlalu sering mematikan kulkas

Kulkas yang seri dimatikan dapat membuat kinerja kulkas semakin melemah. Terkadang ada beberapa orang yang mematikan kulkas ketika akan ditinggal tidur, agar penggunaan listrik berkurang. Namun hal ini salah, karena ketika kulkas akan dinyalakan kembali, kerja dari kulkas akan dimulai dari awal lagi. Mengakibatkan pengawetan bahan makanan atau minuman yang ada di dalam kulkas akan terganggu.

Jenis-Jenis Kulkas yang sering Ditemui

Kulkas memiliki fungsi yang sedikit berbeda pada jenis-jenis tertentu. Namun pada dasarnya fungsi utamanya tetaplah sama, yaitu untuk mengawetkan bahan makanan atau minuman yang akan disimpan di dalamnya. Berikut jenis-jenis kulkas dan fungsinya masing-masing.

  • Refrigerator

Kulkas jenis refrigerator sering ditemui di rumah-rumah. Ini adalah jenis kulkas biasa yang digunakan untuk menyimpan bahan makanan atau minuman. Refrigerator juga memiliki jenis yang lain seperti kulkas 1 pintu, kulkas 2 pintu, bahkan kulkas 4 pintu. Refrigerator sekarang ini memiliki desain yang modern, sehingga membuat kulkas tampak elegan saat dilihat.

Rak yang banyak, serta terdapatnya tempat-tempat khusus untuk menyimpan banyak bahan seperti telur, sayuran, minuman kemasan, dan lain-lain membuat kulkas jenis refrigerator banyak digunakan di rumah-rumah.

  • Freezer

Bagi Anda yang suka membeli es krim pasti sering melihat kulkas jenis ini. Kulkas ini sering digunakan untuk menyimpan es krim atau daging. Suhunya yang dapat diatur serendah mungkin hingga -28 derajat celcius membuat freezer dapat menjadi pilihan bagi Anda yang ingin membuka usaha es krim. Kulkas jenis freezer ini dapat menyimpan daging 1 sampai 3 bulan.

Desain kulkas ini biasanya dibuat menyamping, dengan pintunya yang dibuka dari atas. Keunggulan kulkas jenis freezer ini adalah dapat menampung lebih banyak bahan makanan karena bentuknya yang menyamping.

  • Showcase Cooler

Kulkas jenis ini sebenarnya sama dengan kulkas jenis refrigerator. Namun perbedaannya yaitu pada desain pintunya. Showcase cooler memiliki pintu transparan yang terbuat dari kaca. Kulkas jenis ini sering ditemui di mini market atau warung yang menjual minuman-minuman segar. Namun di beberapa tempat, showcase cooler digunakan untuk menyimpan sayur atau buah yang akan dijual agar kesegarannya tetap terjaga.

Suhu yang dihasilkan showcase cooler berkisar diantara 0 sampai 10 derajat celcius. Rak dari showcase cooler juga sangatlah banyak kemampuan pendinginnya lebih cepat dua kali lipat dibandingkan kulkas jenis refrigerator.

Nah, itulah tadi ulasan kami mengenai tips merawat kulkas. Kulkas sendiri saat ini menjadi salah satu peralatan yang sangat dibutuhkan dalam rumah. Manfaatnya yang berfungsi sebagai penyimpan dan pengawet bahan-bahan makanan, membuat kulkas menjadi peralatan yang penting. Jangan lupa untuk terus merawatnya, agar kinerja kulkas Anda selalu dalam kondisi yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *