Kabin Pesawat Muat Menampung Berapa Koper Kecil?

Liburan adalah hal yang ditunggu-tunggu bagi para pekerja kantoran. Terdengar asyik & seru apalagi dilakukan ketika di hari libur. Ya namanya juga liburan.

Liburan bisa dilakukan secara sendiri atau bersama teman ataupun keluarga. Semua tergantung keinginan Anda untuk menghabiskan masa liburan. Tidak harus jauh, liburan yang terpenting adalah menyenangkan & seru.

Salah satu hal yang terpenting dalam persiapan liburan adalah mengemas barang bawaan. Seberapa jauh Anda liburan, seberapa lama Anda menghabiskan waktu, seberapa banyak keperluan yang Anda bawa akan menentukan tas ransel atau koper seperti apa yang akan Anda gunakan.

Mengemas barang bawaan memiliki kesenian tersendiri. Karena harus berkreasi bagaimana caranya agar semua keperluan dapat dibawa dalam satu genggaman namun tetap mudah dijinjing, ringan & nyaman. Intinya tidak merepotkan si traveler.

Jika Anda mengharuskan menggunakan transportasi udara, Anda harus memperhatikan betul ukuran tas atau koper yang Anda bawa. Sebab ada kebijakan tersendiri dari maskapai berapa ukuran koper yang diperbolehkan dalam kabin.

Pihak maskapai sudah menghitung-hitung berapa ukuran koper & berat barang bawaan yang mampu ditampung pesawat agar tidak mengganggu penerbangan.

Saran untuk para pelancong membawa barang bawaan itu ditampung pada ukuran koper kabin kecil yang ringan serta praktis. Banyak penyedia koper yang menawarkan fitur praktis bermacam-macam khusus untuk penggunanya. Contohnya fitur keamanan, kemudahan dalam membawa, dll.

Ukuran kabin kecil itu cocoknya untuk koper berukuran 20, 22, 24 inch.

Ukuran koper yang beredar dipasaran:

  • Ukuran 18 inch
    Ukurannya memang kecil, sangat cocok untuk Anda yang tidak memerlukan barang bawaan terlalu banyak.
  • Ukuran 19 inch
    Berbeda 1 inch dengan adiknya, ukuran ini juga masih diperkenankan untuk disimpan pada kabin pesawat. Cocok untuk Anda yang membawa barang bawaan tidak terlalu banyak.
  • Ukuran 20 inch
    Ukuran ini sangat umum digunakan saat berpergian. Ukuran 20 inch adalah batas maksimum ukuran koper yang diperbolehkan masuk kabin dengan maksimal berat tidak boleh melebihi 7kg. Diatas 20 inch tidak boleh masuk kabin, harus masuk bagasi pesawat.
  • Ukuran 22 inch
    Ukuran ini sebaiknya digunakan saat Anda hanya memerlukan koper dengan jumlah barang bawaan yang sangat banyak atau berdimensi besar. Karena ukuran ini sudah tidak diperkenankan masuk kabin pesawat. Ukuran 22 sudah harus masuk bagasi pesawat.
  • Ukuran 24 inch
    Ukuran ini besar, diperuntukkan bagi Anda yang berliburan dalam durasi waktu yang lama atau barang bawaan banyak. Karena harus menampung banyak pakaian ganti selama berlibur serta barang keperluan lainnya.  Koper ukuran ini sudah wajib masuk bagasi pesawat jika Anda menggunakan transportasi udara.

Perlu dicermati, tiap maskapai menerapkan kebijakan berbeda terhadap ukuran & berat koper yang boleh dimasukkan kedalam kabin pesawat. Tulisan diatas hanya mereview sekilas pada rata-rata yang digunakan maskapai pada umumnya. Selain itu, target destination juga mempengaruhi kebijakan tersebut. Misalnya, untuk tujuan domestik diperbolehkan ukuran tertentu, sedangkan tujuan internasional tidak diperbolehkan ukuran tertentu masuk kabin.

Silakan Anda double cek di situsnya masing-masing maskapai apakah ukuran koper yang Anda bawa diperkenankan masuk kabin.

Tidak masalah sebenarnya menggunakan jasa bagasi pesawat dibanding dengan kabin. Bagasi pesawat cukup aman & nyaman juga untuk digunakan. Karena Anda tidak perlu membawa koper tersebut ke dalam pesawat karena yang mengangkut koper tersebut adalah petugas maskapai. Anda juga tidak perlu repot mengangkat koper ke atas kabin yang cukup berat. Hanya saja, Anda harus menunggu antrean koper saat telah tiba di bandara destination.

Semoga perjalanan liburan Anda menyenangkan, bijaklah dalam memilih koper sebagai teman petualangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *